Rabu, 18 Juli 2018

10 KOPI PALING TERKENAL DI INDONESIA

10 KOPI TERKENAL DI INDONESIA

     Indonesia merupakan negara tropis yang dilalui garis Khatulistiwa. Negara yang memiliki garis Khatulistiwa bisa dikatakan negara yang sangat beruntung karena kaya akan segala jenis hewan dan tumbuhan. Begitupun dengan kopi. Indonesia kaya akan kopi. Mulai dari sabang sampai merauke kita bisa temukan beraneka macam kopi pada tiap tiap daerah yang ada di Indonesia. Selain itu Indonesia memang sudah terkenal dengan salah satu kopinya yang sangat mendunia yaitu Kopi Luwak. Diberbagai belahan dunia Kopi Luwak sangat dihargai tinggi oleh para pecinta kopi. Tapi disini kami tidak akan hanya membahas tentang Kopi Luwak saja, melainkan 10 Kopi Terkenal Di Indonesia. Berikut adalah ulasannya :


1.      Kopi Luwak




      Siapa yang tidak kenal dengan kopi Luwak ? kopi ini memang terkenal di berbagai penjuru di dunia, bahkan kopi Luwak pernah didaulat sebagai kopi termahal di dunia. Fakta itu tidak lepas dari sejarah kopi luwak itu sendiri. Kopi luwak berasal dari Indonesia. Diawali dengan penerapan sistem kerja (cultuurstelsel) paksa oleh Belanda apada awal abad ke-18, pemerintah Belanda mengharuskan para petani Indonesia untuk mulai menanam kopi tetapi Belanda melarang mereka untuk memetik buah dari hasil tanaman mereka sendiri. Setelah berjalan, para petani mulai penasara  akan minuman yang terkenal itu.
       Akhirnya para petani mengetahui ternyata ada sejenis musang yang gemar memakan buah kopi tetapi tidak mencerna biji dari kopi itu sendiri (utuh bersama kotoran). Para petani itu mengambil resiko dengan mengambil kotoran dari musang kemudian dicuci, disangrai,dan ditumbuk halus sampi diseduh kedalam secangkir kopi. Siapa sangka rasa kopi dari kotoran musang tersebut justru membuat kopi sangat lezat. Belanda mengetahui kopi tersebut dan mulai mengekspor kopi Luwak ke negara-negara lain. Sampai sekarang kopi Luwak dihargai mahal karena memang prosesnya yang sulit dan memakan waktu. 

2.      Kopi Toraja




       Kopi Toraja sendiri berasal dari sesuai namanya yaitu di daerah Tana Toraja Sulawesi Selatan. Kopi Toraja sangat terkenal karena memiliki rasa yang sangat khas. melalui proses penanaman sampai panen yang sangat teliti oleh para petani, menjadikan kopi Toraja sebagai salah satu kopi terbaik di Indonesia. Letak dari Tana Toraja sendiri yang dikelilingi pegunungan yang indah  serta letak geografis nya yang sangat pas untuk menanam kopi, mungkin menjadikan kopi Toraja ini sebagai salah satu yang terbaik. 
        Kalau anda berkunjung disekitar Rantepao tidak lazim namanya jika tidak mencoba untuk mencicipi kopi Toraja. Tapi anda harus sedikit merogoh saku anda lebih dalam karena harga dari kopi Toraja ini cukup mahal. Kemahalan dari kopi Toraja akan terbayarkan dengan rasanya yang sangat nikmat yang tidak akan anda jumpai pada kopi-kopi lainnya. Tidak jarang yang memesan kopi Toraja adalah kelas menengah keatas. 

3.      Kopi Lampung




            Lampung menjadi kota dengan penghasil salah satu kopi paling terkenal di Indonesia.  Kopi Lampung terkenal dengan kopi Robusta-nya yang unik. Umumnya para petani Lampung mebih memilih menanam kopi Robusta daripada Arabika, tetapi ada beberapa petani yang masih menanam kopi Arabika. Lampung sendiri selalu terkait dengan kopi, ngopi adalah komoditas wajib dikalangan masyarakat Lampung. Minum kopi seperti menjadi kebiasaan wajib yang tak tertulis. Tak heran kopi Lampung menjadi kopi yang terkenal di Indonesia.

4.      Kopi Aceh




           Kopi ditanam di tanah aceh pertama kali paada tahun 1908 oleh permintaan pemerintah Belandan. Saat itu Belanda mengenalkan kopi Arabika dan Robusta. Penanaman kopi Arabika berada didaerah dataran tinggi seperti Tanah Gayo, Takengon, Aceh Tenggara dan Gayo Luwes. Sedangkan kopi Robusta akan ditanam didaerah dataran rendah seperti Kabupaten Pidie dan Aceh Barat. Belanda memerintahkan masyarakat untuk hanya mengkonsumsi kopi Robusta dan kopi Arabika akan dikonsumsi Belanda dan untuk kebutuhan ekspor.
       Kondisi alam Aceh yang subur dibarengi dengan cuaca yang mendukung menjadikan kopi Aceh sebagai salah satu kopi terlezat yang ada di Indonesia. Aceh adalah salah satu penghasil kopi terbesar yang mampu menghasilkan sekitar 40% biji kopi jenis Arabica tingkat premium dari total panen kopi di Indonesia.

5.      Kopi Kintamani




          Kintamani merupakan salah satu daerah dataran tinggi yang ada di pulau Bali. TErnyata Bali pun memiliki kopi yang sangat khas yaitu kopi Kintamani. Keunikan dari kopio Kintamani adalah sistem penanmannya yang menggunakan sistem tumpang sari. Penanaman biji kopi Kitamani dicampur dengan beraneka ragam sayuran. Cita rasa yang dihasilkan pun sangat unik. Aroma kopi yang segar bercampur dengan cita rasa asam yang unik menjadikan kopi Kintamani sebagai salah satu kopi Terkenal di Indonesia.

6.      Kopi Sidikalang




       Sidikalang merupakan salah satu nama kecamatan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara dimana kopi menjadi salah satu komoditas daerah tersebut. Kopi Sidikalang sangat terkenal akan cita rasanya yang nikmat. Kopi jenis ini memiliki kualitas bagus karena didukung oleh kondisi tanah di Sidikalang yang berada di daerah pegunungan beriklim sejuk.

7.      Kopi Lanang




       Kopi Lanang merupakan salah satu kopi yang popular di Indonesia. Kopi ini dikenal memiliki khasiat yaitu untuk vitalitas pria. Biji dari kopi Lanang berbentuk bulat dan tunggal serta tak ada belahan ditengah seperti biji kopi pada umumnya. Kata "Lanang" merupakan istilah orang jawa untuk seorang "laki-laki", sesua dengan namanya maka khasiatnyapun untuk serang pria. Biji kopi lanang memiliki rasa lebih kuat dari biji kopi biasa. Kopi ini banyak diproduksi di daerah Jawa Timur. Kadar kafein kopi ini sangat tinggi sehingga ampuh untuk menahan rasa kantuk.

8.      Kopi Gayo




       Seperti disebutkan diatas, kopi Gayo merupakan kopi dari wilayah Aceh yaitu Tanah Gayo. Kopi yang dihasilkan di Tanah Gayo adalah kopi Arabika, karena Tanah Gayo sendiri merupakan dataran tinggi dengan ketinggian 1250 meter diatas permukaan laut. Kondisi geografis yang pas membuat Kopi Arabika Gayo tumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga kopi yang dihasilkan pun menjadi salah satu kopi unggulan. Dengan luasnya luasnya perkebunan milik Aceh, wajar bila Aceh menjadi pemasok terbesar kopi di dunia dan penghasil kopi terbesar di Asia. Kopi Arabika Gayo memiliki tekstur yang halus dan bercita rasa paling berat serta kompleks.

9.      Kopi Wamena




    Wamena merupakan nama salah satu kota di Papua, lebih tepatnya dekat gunung Jayawijaya. Kopi yang dihasilkan ditanah Wamena adalah kopi Arabika. Kopi Arabika Wamena tumbuh di lembah Baliem disekitar pegunungan Jayawijaya yang mengelilingi kota Wamena. Keistimweaan kopi Arabika Wamena adalah dia tumbuh tanpa pupuk kimia , sehingga yang dihasilkan adalah kopi Arabika organik karena tumbuh subur secara alami.
          Kopi Arabika Wamena memiliki cita rasa yang khas dibandingkan dengan cita rasa kopi Arabika yang lain. Kelebihannya adalah tumbuh di pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian 1600 meterdiatas permukaan laut, tumbuh subur tanpa pupuk kimia, cita rasa dan aroma yang khas, tidak terasa asam karena memiliki kadar keasaman yang rendah sehingga dapat diminum semua orang.

10.  Kopi Flores


          Tidak diragukan lagi bahwa Flores memiliki kekayaan alam yang melimpah. Keindahan alamnya, budayanya, juga kopinya. Selain keindahan Alam yang menakjubkan, Flores juga memiliki kopi yang sangat terkenal di Indonesia. Kopi Flores dibudidaya di dataran Ngada di Nusa Tenggara Timur. Flores menjadi penymbang kopi terbaik yang ada di nusantara yang kemudian dikenal dunia. Kopi Flores tumbuh subur karena adanya abu vulkanik dari gunung berapi di Nusa Tenggara timur. Kopi Flores merupakan kopi Arabika, beraroma buah menjadi keunikan tersendiri dari kopi Flores.

Bagikan

Jangan lewatkan

10 KOPI PALING TERKENAL DI INDONESIA
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.